Senin, 23 Mei 2016

Dialog Madani dengan Mahasiswa Kriminologi UI

pusatrehabilitasinarkoba.blogspot.co.id Mahasiswa Kriminologi UI:
Selamat pagi Mba/Mas. Saya mahasiswa kriminologi UI yang kemarin melakukan penelitian di Pusat Panti Rehabilitasi Narkoba, Madani Mental Health Care, Jakarta.

Saya mau menanyakan, proses rehabilitasi yang dilakukan di Panti Madani  MHC, manfaatnya sendiri buat para pasiennya apa saja ya?

Pusat Panti Rehabilitasi Narkoba, Madani Mental Health Care, Jakarta:
Manfaat proses rehabilitasi di Panti Madani MHC untu para pasiennya adalah mereka diharapkan dapat kembali pulih dan bermanfaat bagi keluarga serta masyarakat, juga sehat dalam arti:
1) Sehat jasmani/fisik (biologik)
2) Sehat jiwa (psikologik)
3) Sehat sosial (adaptatif)
4) Sehat rohani/keimanan (spiritual)

Selengkapnya kamu bisa dapatkan informasi lengkapnya di http://madanionline.org/program-kami/rehabilitasi/


Mahasiswa Kriminologi UI:
Nah terus mau menanyakan soal peran Pemerintah terhadap lembaga rehabilitasi swasta gimana? Sudah membantu atau belum?

Pusat Panti Rehabilitasi Narkoba, Madani Mental Health Care, Jakarta:
Peran Pemerintah (dalam hal ini Kemensos dan BNN) terhadap lembaga rehabilitasi narkoba swasta adalah sebagai partner dan support dalam beberapa hal proses pemulihan, seperti: bantuan permakanan bagi klien, bantuan dana usaha bagi program after care, dan lain-lain.

Mahasiswa Kriminologi UI:
Dari pihak Madani sendiri, Pemerintah seharusnya gimana untuk membantu lembaga swasta supaya lebih baik lagi?

Pusat Panti Rehabilitasi Narkoba, Madani Mental Health Care, Jakarta:
Untuk lebih baik lagi Pemerintah seharusnya menyeleksi dengan ketat lembaga rehabilitasi swasta yang manakah yang memang layak mendapatkan bantuan. Karena, banyak lembaga rehabilitasi swasta yang abal-abal dan belum sepenuhnya tepat tapi tetap mendapatkan bantuan dari Pemerintah.

Dan juga, sebaiknya Pemerintah melakukan monitoring serta check and recheck tentang proses pemanfaatan bantuan tersebut. Monitoring dan evaluasi yang dilakukan Pemerintah harus terbuka. Perlu keberanian dan ketegasan Pemerintah  untuk mencegah terjadinya berbagai praktik ilegal sehingga menciderai semangat layanan terbaik untuk klien.


Sekian.

1 komentar: