Selasa, 09 Mei 2017

“Masa Bulan Madu” bagi Mantan Pecandu



(Catatan Forum Silaturahmi Keluarga Madani 3 Bagian Ke-19  Bersama Bunda Meilani Hermanto di Studio Madani, Kamis, 4 Mei 2017)

pusatrehabilitasinarkoba.blogspot.co.id – Bunda Meilani, “Para mantan pecandu ini memiliki sebuah periode yang dikenal dengan istilah ‘masa bulan madu’. Masa ini adalah ketika mereka baru menyelesaikan program rehabilitasi.


Pengantin yang sedang dalam periode bulan madu merasakan nikmatnya kehidupan. Hidup seperti tanpa beban dan masalah. Kepercayaan diri masih tinggi.


Demikian juga dialami oleh para mantan pecandu narkoba. Ketika baru menyelesaikan program rehab dia masih memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Masih memiliki pertahanan diri yang kuat dalam mengendalikan setiap trigger, pemicu, atau sugesti untuk make narkoba lagi.

Orang yang baru pulang jalan-jalan dan bersenang-senang akan sangat nyaman ketika pulang ke rumah. Level kebahagiaan masih tinggi karena usai jalan-jalan.

Periode honey moon ini harus tetap kita waspadai karena jangka waktunya hanya sebentar. Ada nggak orang menikah mengalami honey moon periode sepanjang waktu? Nggak ada kan!

Saya ke FSKM ini adalah berangkat dari pengalaman saya sebagai ibu yang memiliki anak yang terkena masalah dengan kecanduan narkoba. Profesi saya adalah ibu rumah tangga. Saya tidak belajar psikologi atau ilmu apapun tapi karena semua masalah ini saya jadi belajar.

Saya ini mengalami masalah dengan ‘kecanduan anak saya’. Anak saya memiliki problem dengan kecanduan narkoba. Maka saya belajar tentang anak dan cara pemulihan anak sedangkan anak saya belajar tentang dirinya sendiri dan cara memulihkan diri dari kecanduan narkoba.

Kalau kita misalnya sudah kecanduan dengan memasak, mau tidak mau kita akan jadi belajar tentang ilmu memasak. Setiap orang memiliki potensi kecanduan terhadap sesuatu di dalam dirinya masing-masing.

Belanja, cokelat, kopi, seks, game online, dan apapun dalam kehidupan memiliki tingkat kecanduan. Kita begitu bangun tidur langsung cek WA.

Saya sekarang sedang addict dengan drama Turki. Macet kayak apa tetap nonton di dalam mobil. Nggak terasa tahu-tahu sudah sampai rumah karena drama itu bisa menghilangkan boring saya.“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar